You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
30 Warga Kelapa Gading Timur Manfaatkan Layanan Digitalisasi Arsip Keluarga
.
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Puluhan Warga Kelapa Gading Timur Manfaatkan Layanan Digitalisasi Arsip

Sebanyak 30 warga RW 06, Kelurahan Kelapa Gading Timur, Kecamatan Kelapa Gading, memanfaatkan digitalisasi Layanan Arsip Keluarga (Lasiga) yang diadakan Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) Jakarta Utara.

"Layanan digitalisasi ini gratis tanpa dipungut biaya"

Kepala Sudin Pusip Jakarta Utara, Gunas Mahdianto mengatakan, digitalisasi ini bertujuan untuk lebih melindungi sekaligus menyelamatkan arsip warga dari bencana seperti banjir dan kebakaran.

"Kami menyosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga arsip atau dokumen penting, sekaligus membantu warga dalam digitalisasi arsip. Sehingga, apabila ada bencana maupun hilang ada cadangannya," ujarnya, Rabu (28/5).

Ini Juara Lomba Perpustakaan SMA dan Sederajat di Jaksel

Ia menjelaskan, dalam layanan digitalisasi arsip ini ada beberapa data administrasi warga yang bisa dilindungi, mulai dari Ijazah, Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Buku Nikah, Sertifikat Tanah, KTP, dan dokumen penting lainnya.

"Melalui layanan ini, kami harap masyarakat mempunyai kesadaran untuk menjaga semua arsip yang dimiliki. Terlebih, layanan digitalisasi ini gratis tanpa dipungut biaya," terangnya.

Kepala Seksi Kearsipan Sudin Pusip Jakarta Utara, Etty Sufianti menambahkan dalam layanan hari ini yang berlangsung mulai pukul 09.00-12.00 WIB dikerahkan enam petugas kearsipan.

Dalam layanan dan sosialisasi kali ini, proses digitalisasi arsip dipraktikan petugas dengan cara memindai dokumen kemudian dibagikan ke warga dalam bentuk flashdisk yang juga diberikan secara gratis.

"Ada 30 warga yang memanfaatkan layanan kami hari ini. Total jumlah arsip atau dokumen yang dilakukan digitalisasi sebanyak 400 berkas," ucapnya.

Sementara itu, salah seorang warga RT 02/06, Kelurahan Kelapa Gading Timur, Yuliawati mengaku senang dan terbantu dengan adanya layanan tersebut.

Ia menuturkan, digitalisasi ini sangat penting untuk membantu menyelamatkan dokumen penting apabila terjadi musibah dan menghindari dari kerusakan, seperti robek atau pudar.

"Dokumennya jadi lebih praktis karena disimpan di flashdisk. Tadi saya back up semua dokumen penting mulai dari KK, Akta, Buku Nikah, dan lainnya. Layanan jemput bola ini sangat membantu sekali," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Pimpinan Operator dan Mitra Diajak Merasakan Layanan Transjakarta

    access_time10-07-2025 remove_red_eye1384 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. MRT Jakarta Kaji Perluas Rute ke Tangerang Selatan

    access_time13-07-2025 remove_red_eye1054 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Transjakarta Didorong Kembangkan Layanan Strategis

    access_time11-07-2025 remove_red_eye957 personFakhrizal Fakhri
  4. Jakarta Fair 2025 Sukses Dorong Pertumbuhan Ekonomi

    access_time14-07-2025 remove_red_eye830 personFakhrizal Fakhri
  5. Pemprov DKI Siapkan Program Jangka Menengah dan Panjang Pengendalian Banjir

    access_time11-07-2025 remove_red_eye783 personDessy Suciati

Hitung Mundur 22 Juni 2027

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik